Kamis, 22 September 2011 - 0 komentar

Tips Merawat Gitar


Belakangan ini saya sangat suka bermain gitar karena suara yang dikeluarkan sangat indah. Tetapi setelah beberapa waktu terkadang suara yang di hasilkan tidak bagus atau sumbang, karena itu saya mencoba mencari tahu. Nah, kali ini saya akan membagikan tips untuk menjaga keindahan suara gitar dan juga cara merawat gitar :

1. Milikilah case (tas gitar)
    Sangat tidak jarang bila gitar kita sering terkena benturan atau bahkan terjatuh, dengan menaruh gitar           didalam casenya setidaknya kita dapat meminimalisir akibat dari benturan-benturan yang terjadi pada gitar kita, case juga berguna untuk melindungi gitar dari kotoran dan debu yang bisa menempel di body gitar.

2. Ganti senar dengan yang baru
    Setidaknya seminggu sekali kita mengganti senar gitar dengan yang baru, karena tanpa disadari saat kita bermain gitar kita mengeluarkan keringat dari tangan kita karena disebabkan oleh kerja otak dan gerak tangan yang memerlukan energi. Bila dibiarkan terus keringat tadi akan membuat senar berkarat dan menyebabkan pengikisan pada fret gitar sehingga suara gitar terdengar tidak enak atau sumbang.

3. Kendorkan senar gitar
    Bila dalam waktu yang cukup lama gitar anda tidak dimainkan, kendorkanlah senarnya karena senar yang tegang dapat membengkokkan neck gitar anda.

4. Letakkan yang benar
    Bila sedang tidak dimainkan taruh gitar dengan posisi telentang, bila kita menaruhnya disandarkan di dinding, itu juga dapat membengkokkan neck gitar.

5. Bersihkan gitar
    Jika body gitar sudah banyak debu, lap dengan kain /kaos sehingga gitar terlihat lebih terawat dan bersih. Jangan lupa bila anda ingin mengganti senar gitar, gantilah sekaligus semua senarnya (1 set) agar harmonisasi suara senar seimbang, karena suara senar yang baru dan yang lama bisa sangat berbeda dan inilah yang menyebabkan ketidakharmonisan pada saat anda menstem gitar.

Nah, sekian informasi yang bisa saya berikan. Semoga bisa berguna bagi anda-anda yang membaca blog ini.

0 komentar:

Posting Komentar