Sabtu, 01 Desember 2012 - 0 komentar

Tarian Nusantara Sebagai Identitas Budaya Bangsa Indonesia

Tujuan penulisan 1 : menginformasikan macam-macam tarian nusantara

       Indonesia kaya akan budaya-budaya, salah satunya adalah budaya tarian yang terdapat di setiap pelosok Indonesia. Di setiap daerah tersebut memiliki tarian khas dari daerahnya tersebut, dan itu semakin memperkaya khazanah budaya nasional Indonesia. Tarian-tarian tersebut juga menjadi simbol suatu daerah yang melambangakan dinamika sekaligus keindahan daerah tersebut.
       Dan macam-macam tarian di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut : tari seudati dari Aceh, tari tor-tor dari Medan, tari piring dari Padang, tari tandak dari pekanbaru, tari sekapur sirih dari Jambi, tari Jangget dari Bandar Lampung, tari puti bekhusek dari Palembang, tari Andun dari Bengkulu, tari ronggeng dari Jakarta, dan tari jaipong dari Bandung.
       Macam-macam tarian tersebut yang menjadikan Indonesia semakin beragam dan memiliki identitas yang khas yang jarang dimiliki oleh negara lain.


Tujuan Penulisan 2 : Mengajak masyarakat luas untuk menjaga dan melestarikan tarian nusantara

       Di era globalisasi seperti saat ini, banyak kebudayaan-kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah budaya tarian, dengan maraknya budaya-budaya tarian yang masuk ke Indonesia, budaya tarian nusantarapun menjadi agak terlupakan dan kurang diminati.
       Untuk itu harus terbangun komitmen yang sangat tinggi terhadap keberadaan budaya nasional. Salah satunya dengan rutin menggelar berbagai macam event kebudayaan. Terkait dengan melestarikan tarian nasional, penyelenggaraan Festival Tari Nasional sangat trategis kedudukannya.
       Selain itu, marilah kita mulai menjaga budaya nasional dengan tetap melestarikannya agar budaya itu tidak hilang dan diakui oleh negara lain.                               
       

       


0 komentar:

Posting Komentar